Mitos-Mitos Dalam Kesehatan Terungkap


Kata orang, membaca dalam cahaya remang dapat membuat seseorang kehilangan penglihatannya. Apa benar seperti itu? Mitos-mitos kepercayaan serupa memang sering diturunkan dari para nenek moyang tanpa ada bukti yang jelas. Nah belum lama ini, dua peneliti dari Amerika Serikat mencoba untuk mencari pembuktikan untuk mencari kebenaran tujuh mitos kesehatan umum yang biasa dipercaya masyarakat.

Berikut hasil penelitian mereka yang telah dirilis dalam American Journal of Psychology dan British Medical Journal.

Mitos 1. Membaca dalam cahaya remang merusak penglihatan. Menurut sebagian besar para spesialis mata, membaca dalam cahaya remang tidak akan menimbulkan kerusakan permanen. Namun akan membuat Anda sering berkedip lebih sering, dan kesulitan untuk fokus ketika membaca.
Mitos 2. Mencukur membuat bulu tumbuh lebih cepat dan lebih kasar.

Ternyata menghilangkan bulu tubuh dengan mencukur tidak menyebabkan bulu akan menjadi lebih cepat tumbuh dan lebih kasar. Namun bulu baru yang tumbuh meruncing karena di cukur memberi kesan lebih kasar dari bulu yang tidak dicukur.

Mitos 3. Mengonsumsi daging kalkun membuat Anda mengantuk.

Hal ini terkait karena daging kalkun mengandung amino acid yang disebut trytophan yang mempengaruhi saraf tidur dan mood Anda. Namun, kandungan trytophan dalam kalkun tidak lebih banyak dari trytophan yang terkandung dala, ayam atau daging cincang. Kebiasaan makan dan minum berlebihan terutama saat pesta'lah yang membuat Anda mengantuk.

Mitos 4. Manusia hanya menggunakan 10% dari fungsi otaknya.

Mitos ini muncul tahun 1907, namun sudah terbukti bahwa tidak ada satu area otak pun yang tidak bekerja atau tidak aktif.

Mitos 5. Rambut dan kuku tetap tumbuh setelah kematian.

Mitos ini muncul mungkin karena novel-novel misteri tentang kisah-kisah hantu. Namun kenyataannya, setelah manusia meninggal, kulit akan kering dan mengkerut sehingga menimbulkan kesan rambut dan kuku menjadi lebih panjang.

Mitos 6. Signal ponsel berbahaya ketika di rumah sakit.

Meskipun banyak yang mengatakan signal ponsel dapat mengacaukan mesin-mesin perlengkapan kesehatan di rumah sakit, penelitian ini memiliki hasil sebaliknya. Signal ponsel tidak terlalu memberi pengaruh pada perlengkapan kesehatan tersebut.

Satu mitos lagi adalah kebutuhan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Meski memang baik untuk tubuh, namun penelitian yang dilakukan oleh Aaron Carroll, seorang asisten profesor Pediatrics di Insitutut Regenstrief dan Rachel Vreeman, rekan peneliti di pusat penelitian kesehatan anak-anak di Indiana University School of Medicine, tidak menemukan hasil penelitian yang menuliskan 1 hari harus mengkonsumsi 8 gelas air putih.

(Sumber: http://www.conectique.com/get_updated/article.php?article_id=6217)

0 comments:

Post a Comment