5 Cara Tepat Melakukan Meditasi

Meditasi sebenarnya hal yang sederhana dan termasuk cukup mudah untuk dilakukan. Karna anda tidak memerlukan perangkat khusus untuk melakoninya.

Walau demikian, banyak yang justru merasa, meditasi sangat sukar dilakukan. Untuk itu cobalah ikuti beberapa tips berikut agar proses meditasi anda berjalan dengan baik.

1. Tidak ada kata gagal. Dalam kasus meditasi tidak ada kata gagal...! Jika pertama kali anda hanya mampu bermeditasi selama lima menit, hal tersebut sangatlah wajar.

Lama kelamaan andapun akan dapat melakukannya dalam waktu yang lebih lama. Ingat yang terpenting dalam meditasi bukan kuantitasnya tapi kualitasnya.

2. Buang rasa bersalah. Banyak orang yang merasa bersalah (terutama bagi yang sangat sibuk atau ibu rumah tangga) ketika melakukan meditasi.

Umunnya, mereka merasa membuang-bang waktu yang berharga dengan tidak melakukan sesuatu yang produktif. Ubahlah pola pikir anda, karna justru meditasi adalah kegiatan yang produktif, yaitu memproduksi energi baru.

3. Hilangkan hal yang bisa mengganggu konsentrasi. Banyak hal yang bisa mengganggu kedamaian jalannya meditasi, seperti suara bising, pikiran yang tak tenang dan sebagainya.

karena itulah, akan sangat ideal jika sebelum memulai meditasi, anda memilih tempat yang tenang dan nyaman yang jauh dari keramaian dan beragam gangguan lainnya.

4. Pilih satu tempat tertentu. Adanya pilihan tempat tertentu akan semakin menguatkan keinginan untuk bermeditasi.

Idealnya tempat yang dipilih adalah tempat yang memungkinkan anda untuk melakukan meditasi dengan tenang tanpa gangguan.

5. Lakukan senyaman mungkin. Banyak yang mengeluh, ketika melakukan meditasi punggung terasa pegal, bahu terasa lelah dan kaki kesemutan karna terlalu lama bersila.

Duduk tegak dengan kaki bersila dalam posisi lotus memang posisi yang paling umum digunakan ketika bermeditasi.

Tapi tentunya itu bukan satu-satunya posisi. Meditasi dapat dilakukan dalam beragam posisi, karenanya pilih satu posisi yang paling nyaman bagi anda.

(Sumber: http://www.berita8.com/news.php?cat=6&id=1765)

0 comments:

Post a Comment