Uji Coba Vaksin Flu Babi Dimulai

Perusahaan farmasi asal Swiss, Novartis mulai menguji coba vaksin flu babi pada manusia. Warga Inggris akan menjadi objek pertama uji coba tersebut. Demikian berita yang dilansir Associated Press, Rabu (5/8).


Rencananya vaksin tersebut akan melakukan uji coba dalam waktu yang panjang dan melibatkan setidaknya 6.000 orang dari segala usia di sejumlah negara seperti Inggris, Jerman dan Amerika Serikat. Meski agak lama vaksin diperkirakan akan tersedia di pasar sebelum uji coba selesai. "Kami telah memulai uji klinis sejak 10 hari lalu", ujar Eric Althoff Juru Bicara Novartis.


Vaksin yang diuji di Eropa adalah jenis adjuvan, yang unsurnya akan mendorong tubuh menghasilkan antibodi. Nantinya data hasil uji coba akan akan dikirim ke beberapa regulator kesehatan termasuk European Medicines Agency.


Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan virus flu babi yang digunakan untuk vaksin tidak tumbuh dengan baik sehingga vaksin yang akan dihasilkan tidak maksimal. Karena itu WHO meminta laboratorium terkait untuk memproduksi vaksin baru. Hingga kini lebih dari 35 negara telah memesan vaksin buatan Novartis, diantaranya Prancis, Belanda dan Swiss. Althoff mengatakan, pengiriman akan dilakukan pada akhir 2009 dan akan berlanjut pada tahun berikutnya.

0 comments:

Post a Comment